Kursus yang tersedia

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN (MANAJEMEN C/SEMESTER 5/2021)

Analisis terhadap laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnya karena ingin mengetahui tingkat profitabilitas (keuntungan) dan tingkat risiko atau tingkat kesehatan suatu perusahaan. Pekerjaan yang paling mudah dalam analisis keuangan tentu saja menghitung rasio-rasio keuangan suatu perusahaan. Bahkan dengan tersedianya program-program komputer seperti spreadsheet atau program-program akuntansi. Tantangan Analis bukan melakukan perhitungan semacam itu, melainkan melakukan analisis dan menginterpretasikan rasio-rasio keuangan yang muncul. 


Andanika S.M M.M

PENGANTAR EKONOMI MIKRO - B (I/2021)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pada semester I yang membahas konsep ekonomi mikro secara umum dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. Pembahasan konsep dasar pola kegiatan ekonomi, faktor-faktor produksi, permintaan dan penawaran, teori biaya produksi, pasar persaingan, pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolisitk. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep ekonomi mikro dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. 


Fadhila Ratu Pratiwi

PENGANTAR EKONOMI MIKRO - D (I/2021)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pada semester I yang membahas konsep ekonomi mikro secara umum dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. Pembahasan konsep dasar pola kegiatan ekonomi, faktor-faktor produksi, permintaan dan penawaran, teori biaya produksi, pasar persaingan, pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolisitk. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep ekonomi mikro dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. 


Fadhila Ratu Pratiwi

PENGANTAR EKONOMI MIKRO - C (I/2021)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pada semester I yang membahas konsep ekonomi mikro secara umum dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. Pembahasan konsep dasar pola kegiatan ekonomi, faktor-faktor produksi, permintaan dan penawaran, teori biaya produksi, pasar persaingan, pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolisitk. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep ekonomi mikro dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. 

Fadhila Ratu Pratiwi

KOMUNIKASI BISNIS

Mata kuliah Komunikasi Bisnis diberikan kepada mahasiswa dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan sekaligus ketrampilan tentang bagaimana melakukan aktivitas komunikasi bisnis di dalam organisasi publik maupun privat. Materi komunikasi bisnis meliputi pemahaman dasar komunikasi bisnis, komunikasi interpersonal dalam lingkungan bisnis, kemampuan berkomunikasi yang terdiri atas bagaimana menyimak yang baik dan melakukan wawancara. Selain itu juga membahas mengenai manajemen kelompok yang terdiri atas kelompok kecil dengan karakteristiknya maupun penyelenggaraan rapat kelompok. Merencanakan presentasi, mengena lingkungan khalayak juga merupakan bahasan komunikasi bisnis.

Muh. Asdar MM

STUDI KELAYAKAN BISNIS

Studi Kelayakan Bisnis menuntut untuk mengaplikasikan beberapa mata kuliah lain secara integral kedalam suatu kancah riset  atau penelitian secara ilmiah, khususnya dalam rangka meneliti kelayakan suatu proyek bisnis. Jadi ada tujuan ganda dalam mempelajari mata kuliah ini, yaitu sisi teori dan sisi prakteknya.

Studi Kelayakan mempunyai arti penting bagi perkembangan dunia usaha. Beberapa proyek gagal di tengah jalan, bisnis yang berhenti beroperasi, dan kredit yang macet di dunia perbankan, serta kegagalan investasi lainnya merupakan bagian dari tidak diterapkannya studi kelayakan secara konsisten. Studi kelayakan yang diterapkan secara benar akan menghasilkan laporan yang komprehensif tentang kelayakan proyek/bisnis yang akan didirikan/dikembangkan/didanai dan kemungkinan-kemungkinan resiko yang akan dihadapi/terjadi.

Muh. Asdar MM

PERPAJAKAN II SEMESTER GENAP 2020/2021

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan lanjutan atas mata kuliah Perpajakan I yang telah diberikan pada Semester Ganjil. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan dan pengertian yang lebih mendalam mengenai pajak-pajak yang berlaku di Indonesia, dan mampu melakukan perhitungan, pencatatan dan pembayaran serta pelaporan pajak (SPT) terhutang yang meliputi Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai & Pajak Penjualan atas barang Mewah dan Pajak internasional

Tujuan Instruksional Umum

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan akan dapat memahami ilmu perpajakan dalam rangka perubahan paradigma perpajakan saat ini yang mengarah kepada penggunaan informasi perpajakan untuk kepentingan pengelolaan keuangan perusahaan.


Dwi Astuty Arfah

PERPAJAKAN II

Mata kuliah ini merupakan lanjutan atas mata kuliah Perpajakan II yang telah diberikan pada Semester Ganjil. Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mendapat pengetahuan dan pengertian yang lebih mendalam mengenai pajak-pajak yang berlaku di Indonesia, dan mampu melakukan perhitungan, pencatatan dan pembayaran serta pelaporan pajak (SPT) terhutang yang meliputi Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai & Pajak Penjualan atas barang Mewah dan Pajak internasional

Dwi Astuty Arfah

Prilaku Organisasi Semester IV Kelas Manajemen A ( 2020/2021)

Prilaku Organisasi 

Prilaku Organisasi mempelajari tiga penentu prilaku yaitu Individu, Kelompok, dan Struktur Organisasi dapat bekerja lebih efektif melalui pengetahuan yang diperoleh individu, kelompok dan efek dari struktur terhadap prilaku. Oleh karena itu Prilaku Organisasi terkait Khusus pada situasi pekerjaan, kerja, ketidakhadiran, perputaran pekerjaan, produktivitas, kinerja, dan manajemen.

Materi Bab 1 Sampai Bab 18

Yuyu Ruhayu SE MM

Prilaku Organisasi IV (Manajemen C)

Mata kuliah ini bertujuan memberi pemahaman kepada mahasiswa secara konseptual dan aplikasi mengenai pengaruh perilaku terhadap kinerja dan produktivitas kerja pada tingkat individual, kelompok dan organisasi
Arnas Hasanuddin

PERILAKU ORGANISASI semester VI

bagaimana mahasiswa bisa belajar tentang perilaku organisasi dan perilaku individu dalam kelompok

Firmansyah S.I.P.,M.M

Ekonomi Manajerial Semester 4

Ekonomi Manajerial merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam pengambilan keputusan para pelaku ekonomi dalam dunia bisnis. Ekonomi Manajerial memadukan teori ekonomi, terutama teori ekonomi mikro dengan bidang ilmu manajemen (Keuangan dan Pemasaran) serta mata kuliah alat (Statistika, Program Linear, dan Ekonometrika) sebagai alat analisa dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Ekonomi Manajerial merupakan bidang ilmu terpadu (Integrating Caurse). Dengan demikian untuk dapat memahami dan menguasai mata kuliah ini dengan baik, maka mahasiswa harus sudah mengasai dengan baik ilmu-ilmu yang mendasari Ilmu Ekonomi Manajerial ini dan harus mampu berfikir secara integrated.

Zulmianita Putuhena

Pengantar Ekonomi Makro (Manajemen C)

Mata kuliah Pengantar Ekonomi Makro ini akan memberikan gambaran tentang konsep dasar ilmu ekonomi dan permasalaham yang ada dalam perekonomian sebuah negara. Juga dibahas mengeņai perilaku individu sampai kepada pertumbuhan ekonomi suatu negara, dan bagaimana suatu negara masuk dalam sebuah perekonomian terbuka. Pada akhir pertemuan diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep ilmu ekonomi dan peran individu dalam perekonomian. Sehingga pada akhirnya dapat terlihat peran individu dan negara dalam sebuah perekonomian terbuka. Ketercapaian hasil belajar dari mata kuliah ini diukur dengan kemampuan mahasiswa menyelesaikan tugas-tugas tutorial atau menjawab soal-soal ujian akhir smester dengan baik.

Rahmat Arsyad

PENGANTAR MANAJEMEN

Sebagai mata kuliah dasar yang disuguhkan di awal perkuliahan menjadikan pedoman bagi Mahasiswa untuk memahami dan mampu menerapkan aktivitas-aktivitas manajemen dalam setiap kegiatan organisasional.

Selama kurun waktu tatap muka akan dipaparkan materi-materi yang mencakup arti dan ruang lingkup manajemen, sejarah dan evolusi teori manajemen, serta peranan manajer dalam memenej suatu organisasi.

Tentunya, setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat mengkatualisasikan diri dalam proses manajemen  dan dapat menjadi decision maker  dalam setiap prosesnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Indira Rizqi

Contoh Mata Kuliah 1

Ini adalah contoh untuk deskripsi masta kuliah

Imam Zulfikar

AKUNTANSI MANAJEMEN (MANAJEMEN - C)

Mata kuliah Akuntansi Manajemen lebih banyak menekankan kepada mahasiswa tentang prinsip-prinsip, konsep, metode dan teknik tentang analisis suatu alternative keputusan ketika manager harus mengambil keputusan. Beberapa alternative keputusan akan dianalisis dampaknya baik itu sebagai operasional dan keputusan stategik.

Mata ajar ini merupakan mata ajar tingkat lanjutan. Pemahaman mengenai basic management accounting harus sudah dimiliki oleh peserta didik untuk bisa mengikuti mata ajar ini dengan baik. Diharapkan setelah selesai mengikuti kuliah ini peserta didik akan mempunyai perspektif yang lebih luas mengenai akuntansi manajemen. 


Masyitah Fujianugrah MM

Bahasa Inggris Bisnis II (Manajemen A/Semester II)

     Materi  perkuliahan berisi tentang penggunaan bahasa Inggris dalam konteks bisnis, seperti perdagangan, perbankan, keuangan, asuransi dan perkantoran  lainnya. 

     Fokus perkuliahan lebih menekankan pada pembekalan dan peningkatan keterampilan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan cara memperbanyak kosakata bahasa inggris bisnis dan kemampuan menangani persoalan administrasi kantor lainnya dalam bahasa Inggris, misalnya korespondensi (persuratan), dll.

     Kegiatan proses belajar mengajar, dilakukan secara virtual. Tekhnis perkuliahan dibagi menjadi tiga metode, yakni :

a. Speaking

b. Writing

c. Pembahasan Grammar


A. Speaking

     Agar lebih efektif melakukan pembinaan dan pengembangan skill 'speaking', mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Masing-masing kelompok tersebut, diminta untuk membahas suatu tema sederhana. Topiknya beragam. Setiap pekan, mereka wajib mempresentasikan artikel yang telah dibuat, kemudian didiskusikan bersama-sama. Mereka akan secara bergiliran melakukan kegiatan tersebut berdasarkan kelompok masing-masing.  Metode ini, mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan bahasa Inggris selama proses kegiatan diskusi berlangsung. Kegiatan proses belajar mengajar ini, akan dilakukan selama 8 (delapan) pekan. 


B. Writing 

     Pada sesi ini, mahasiswa akan diberikan keterampilan menulis dalam bahasa Inggris. Studi kasus lebih banyak ditampilkan, dan mahasiswa dilatih untuk menulis surat atau korespondensi berdasarkan persoalan yang dibahas dalam contoh studi kasus yang diberikan. 


C. Pembahasan Grammar

     Sesi ini akan lebih banyak membahas tentang Grammar. Pembahasan dilakukan terhadap tugas writing yang telah diberikan dengan cara mengupas kesalahan yang terdapat pada hasil tulisan (writing)  mereka tersebut.

Rahma Saiyed

Studi Kelayakan Bisnis (Manajemen Sem. 4)

Studi Kelayakan Bisnis untuk mengindentifikasi masalah, peluang, menentukan tujuan, menggambarkan situsi, menentukan hasil yang sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.

Ummu Kalsum SE.,MM

EKONOMI MANAJERIAL (MANAJEMEN A/SEMESTER 4/2021)

  •            Ekonomi Manajerial menyediakan aplikasi yang menyeluruh dari teori dan metodologi ekonomi terhadap pengambilan keputusan manajerial. Ekonomi manajerial berfungsi untuk menyediakan pengetahuan umum bagi manajer dalam bidang teori ekonomi, pengetahuan keputusan manajemen, dan kajian administrasi bisnis lainnya selain itu      
  •          Ekonomi manajerial  juga relevan bagi manajemen organisasi nirlaba nonbisnis, seperti instansi pemerintah, koperasi, sekolah, rumah sakit, museum, dan lembaga serupa lainnya, sama dengan relevansinya bagi bisnis yang berorientasi pada laba.


Andanika S.M M.M

Bahasa Inggris Bisnis II (Manajemen B Sem. 2)


Pokok bahasan perkuliahan ini meliputi pembahasan penggunaaan bahasa Inggris dalam konteks bisnis, seperti memahami bacaaan maupun paparan yang disampaikan. Sementara itu, untuk mempersiapkan mahasiswa menuju dunia kerja, pada  bagian akhir perkuliahan mereka juga dibekali dengan keterampilan menulis berbagai surat bisnis, seperti surat lamaran kerja, surat permohonan, memo, email dan TOEIC test. Selain itu diberikan pula pemahaman tata bahasa untuk membantu mereka membuat kalimat yang efektif dalam memaparkan ide mereka.

Imam Zulfikar

PENGANTAR EKONOMI MIKRO (I/2020)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pada semester I yang membahas konsep ekonomi mikro secara umum dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro. Pembahsan konsep dasar pola kegiatan ekonomi, faktor-faktor produksi, permintaan dan penawaran pasar, teori biaya produksi, pasar persaingan, pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolistik. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep ekonomi mikro dan pasar-pasar dalam ekonomi mikro.
Fadhila Ratu Pratiwi

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA (V/2020)

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pada semester 5 yang membahas konsep dasar lembaga keuangan secara umum serta bank dan  lembaga keuangan lainnya di Indonesia. Pembahasan meliputi konsep dasar lembaga keuangan, kesehatan perbankan dan aktivitas perbankan. Adapun lembaga keuangan bukan bank meliputi Leasing, Pegadaian, Pasar Modal, Modal Ventura, Dana Pensiun, Pasar Uang dan Asuransi. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep lembaga keuangan dan lembaga keuangan bukan bank di Indonesia.

Fadhila Ratu Pratiwi

Pengantar Akuntansi 2 (Genap 2020/2021)


Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengidentifikasikan, mengukur, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian-kejadian ekonomi dari suatu organisasi untuk disajikan sebagai informasi kepada pemakai guna pengambilan keputusan ekonomi dengan kata lain mahasiswa mampu menggunakan akuntansi sebagai alat yang dapat memecahkan Permasalahan Keuangan, khususnya untuk berbagai pos penting dalam laporan keuangan khususnya Neraca.


Eny Suprapti

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah mata kuliah penjurusan dari Manajemen. Dimana pada mata kuliah ini akan membantu peserta ajar dapat menjabarkan apa yang di maksud dengan manajemen pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi nya
Imam Zulfikar

Pemasaran Internasional

Mata kuliah pemasaran Internasional ini 3 sks, dan terdiri dari 16 pertemuan, 14 pertemuan untuk matakuliah dan 2 pertemuan untuk UTS dan UAS. di mana pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjabarkan dan mengdefinisikan apakah itu pemasaran Internasional, dan apa-apa saja yang terkait di dalamnya

Imam Zulfikar

Pengantar Ekonomi Mikro (Manajemen B)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep dasar mikroekonomi dengan contoh-contoh sederhana untuk memperoleh pemahaman lebih baik. Pengantar ekonomi Mikro merupakan mata kuliah yang menganalisis perilaku konsumen, produsen dan pasar. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk memahami persoalan-persoalan pokok yang terjadi pada setiap individu (pelaku ekonomi) dalam mencapai kepuasan yang maksimum dengan anggaran tertentu. Mata kuliah ini mempelajari proses efisiensi produksi rumah-tangga perusahaan dalam penggunaan faktor produksi sehingga mendapat keuntungan yang maksimum. Konsep permintaan dan penawaran akan barang/jasa, keseimbangan yang terjadi di pasar lebih lanjut kepada faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan tersebut membawa kepada satu pemahaman konsep ilmu mikro ekonomi yang utuh.

Rahmat Arsyad

Manajemen Strategik

Manajemen Strategik (MS)

Manajemen Strategik adalah serangkaian keputusan dan tindakan Manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka Panjang yang mana Manajemen Strategik (MS) meliputi empat elemen dasar yaitu pengamatan lingkungan, Perumusan Strategi, Implementasi Strategi, serta evaluasi dan pengendalian strategi.


ANDREW RIDOW JOHANIS METEKOHY

PERILAKU KONSUMEN

Mata kuliah perilaku konsumen merupakan pelajaran yang berfungsi memberikan pemahaman mengenai perilaku pembeli dalam kaitannya dengan konsumsi barang dan jasa. Mata kuliah ini akan membahas tinjauan, teori, faktor serta masalah yang mungkin saja dihadapi para konsumen dalam kaitannya dengan proses pembelian barang dan jasa.

 

Retno Angraeni


Kategori kursus


Site announcements

Login Mahasiswa

oleh System Administrator -

Mahasiswa login dengan menggunakan email kampus yang telah diberikan, dengan menggunakan tombol open ID connect.


Mahasiswa yang belum memiliki email kampus dan tidak menginginkan email kampus login dengan menggunakan tombol Google.


Mahasiswa yang memiliki email kampus dan telah terdaftar di SPADA tidak di perbolehkan login menggunakan google

Topik yang lebih lama...